Thursday, October 23, 2014

Tucan Reader for Windows Phone


Ada berapa banyak pengguna Windows Phone disini? Kayaknya dibandingkan android, OS ini kalah jaauuhhh ya. Tapi biar gimana2, saya sebagai pemakai Windows Phone meski dibilang sengaja dan tidak sengaja. Mungkin saya bakal tulis tentang review Windows Phone saya ini suatu hari nanti #gajanji :D

Oke, sebagai pembaca buku yang angin-anginan macam saya ini, saya butuh satu aplikasi yang membuat saya terlihat sibuk membaca buku #Halah... Nah, setelah mencoba satu aplikasi di Windows Phone yang ternyata kurang asik, saya pun berpaling ke Tucan reader. Lumayan asik, bahkan mengalahkan Aldiko yang selama ini saya sanjung sanjung, baca buku di Android. Berikut ini review singkat saya dari aplikasi ini.


Penampilan

Dari segi penampilan sih ga jauh beda dari beberapa aplikasi baca buku di android, macam aldiko, moon reader, dsb. Penampilan bookshelf nya ataupun penampilan layar bacanya. Disini juga menyediakan beberapa font yang bisa dipilih sesuai selera dan juga adjustable flip. Maksudnya mau buka lembar bukunya dari sentuhan kanan atau kiri, silahkan menurut selera. Gaya membuka bukunya juga bisa pilih sendiri. Mau simple animation, horizontal or vertical flipping atau curl flipping macam buka buku beneran. Bookmark juga otomatis ketika kita keluar dari aplikasi, maka ketika kita buka buku itu akan terbuka halaman terakhir dimana kita baca. Untuk background, kita bisa memilih day atau night dengan brightness yang bisa diatur hingga minim. Warna background pun juga ada beberapa pilihan. Saya sih cukup pilih warna beige yang ga bikin sakit mata J




Book source

Sumber buku bisa dari mana saja selama format yg dimasukkan berbentuk epub, txt dan FB, mobi, dan zip. So far, saya baru mencoba input format epub. Sumbernya bisa dari PC ke gadget, atau download dari berbagai cloud storage macam box, dropbox, skydrive, hingga OPDS (saya kurang tahu singkatannya) tapi disini kita bisa unduh buku yang ditawarkan oleh OPDS. Hanya dari website ini, rata2 yang ditawarkan masih berupa preview only dan bukan buku full (dasar mental gratisan  :)) Tapi jangan khawatir karena Tucan reader ini sekaligus membuka file begitu kita selesai mendownload baik dari internet browser atau dari attachment teman di email. Asik kan?

Kamus atau Dictionary

Kebetulan di Windows Phone yang saya pakai ini memiliki dua browser, yang pertama adalah IE alias Internet Explorer dan yang kedua adalah bing. Nah, secara iseng saya pencet satu kata, yang kemudian akan muncul pilihan antara copy, highlight, share, hingga kamus. Untuk kamus ini kita bisa memilih bahasa apa yang kita inginkan muncul di layar. Dan bahasa Indonesia bisa loo... Dan lebih asiknya, kita ga perlu keluar dari Tucan aplication. Oya, kamus ini muncul karena kerjasama Tucan dan bing. Oya, hebatnya lagi, kamus ini juga bisa menerjemahkan phrasa, tidak hanya kata per kata. Daebak! Macam Google translate rupanya... Ckckckck...


Copy and Paste or Share

Terkadang, waktu kita membaca, kita menemukan beberapa kalimat yang menarik. Nah, di aplikasi ini, kita dimudahkan meng-copy dan kemudian bisa di paste di office (kalau kita tulis sesuatu di office hape) dengan quote dari buku yang tengah baca. Atau mungkin quote itu pengen kita share di media social. Tucan reader menyediakan dua media social yang bisa langsung link ke FB dan Twitter. Wow banget ya…


Oke, sepertinya cukup segini aja deh review dari saya. Saya beri rating 4, 5 deh. Wah, murah hati banget ya saya hahaha… tapi memang so far saya belum nemu aplikasi keren seperti Tucan reader ini. Minusnya hanya satu, saya ngga bisa berbagi file ebook disini ke gadget lain. Itu sebetulnya bukan murni kekurangan dari Tucan reader-nya melainkan kekonyolan yang dimilik Windows Phone-nya :|

No comments:

Post a Comment